Follow Twitter kami

Lapor Manajemen!

Sharing koneksi internet dari wajanbolic

Banyak yang menanyakan, apakah wajanbolic bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus? Jawabnya:bisa !! Wajanbolic bisa digunakan untuk banyak PC sekaligus.

Persiapannya :

  1. PC yang akan ditunjuk sebagai “server” harus ada 1 port LAN atau LAN Card. Biasanya cpu atau laptop terkini sudah memiliki LAN internal. Kalo ga punya, beli aja, murah koq sekitar 60rb-an.
  2. Yang kedua, jika yang mau ngeroyok koneksi lebih dari 1 PC, maka harus disediakan 1 buah LAN Switch dengan jumlah port yang mencukupi. Switch dengan 4 port kisarannya 120rb-an. Sudah cukup untuk 3 PC (1 port untuk server, 3 port untuk client). Kalau sharing hanya 2 PC tidak perlu switch.
  3. Kabel UTP. Kalau menggunakan switch, kabel UTP bisa menggunakan UTP straight atau UTP cross. Jika sharing hanya 2 PC kabel UTP yang digunakan harus UTP cross.
  4. Doa. Semoga tidak ada error pada Windows Anda (karena seringkali fitur Internet Connection Sharing Windows bertingkah laku aneh)

Okay, langkahnya :

  1. Koneksikan wajanbolic dan pastikan status Local Area Connection wajanbolic tersebut sudah Connected dan bisa browsing ke Internet.
  2. Klik ganda ikon Local Area Connection wajanbolic tersebut. Klik tombol Properties lalu pada window yang muncul klik Advanced. Centang Allow other network user to connect through this computer’s Internet connection. Pada Home networking connection pilihlah Local Area Connection. Klik OK untuk melanjutkan.
  3. Sebuah window akan muncul. Artinya kurang lebih Windows akan menset IP Address Local Area Connection (LAN Card) menjadi 192.168.0.1. Klik tombol Yes.
  4. Klik tombol OK lalu klik tombol Close.

Untuk sharing 2 PC, cara instalasinya :

  1. Siapkan kabel UTP cross dengan panjang yang mencukupi. Jika panjang lebih dari 50m disarankan untuk menggunakan UTP Belden USA orisinil.
  2. Tancapkan ujung kabel UTP ke port LAN komputer server dan ujung satunya ke komputer client.
  3. Cek settingan IP Address komputer server. Caranya klik Start > Run. Ketik cmd lalu tekan enter. Pada Window command prompt (latar belakang hitam) ketik ipconfig/all lalu tekan enter.
  4. Perhatikan pada setting IP Address di bagian pertama muncul angka 192.168.0.1 dan pada bagian kedua muncul angka 192.168.44.12. Yang pertama adalah IP Address yang akan disharing atau istilah populernya IP Lokal, sedangkan yang kedua adalah IP Publik. Angka IP Publik yang muncul pada komputer Anda mungkin berbeda dengan gambar tsb. Sampai disini berarti Windows telah berhasil mengaktifkan Internet Connection Sharing. Oya, jangan lupa catat juga IP Address DNS Server yang muncul pada bagian kedua.
  5. Beralih ke komputer client, disini Anda harus menset IP nya. Klik ganda pada ikon Local Area Connection-nya lalu klik tombol Properties.
  6. Gulung scrollbar kebawah lalu klik Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik tombol Properties. Isilah IP Address, Subnet Mask, Default Gateway dan Preferred DNS server seperti terlihat pada gambar. Untuk Preferred DNS server angkanya harus sama dengan DNS Server yang telah Anda catat pada langkah 4 diatas.
  7. Klik tombol OK lalu klik tombol Close
  8. Ok, sekarang kita cek koneksi dari client ke server. Klik Start > Run lalu ketik cmd tekan enter. Ketik perintah ping 192.168.0.1 tekan enter. Jika everything’s ok maka pada layar akan muncul Reply from 192.168.0.1…
  9. Buka browser dan cobalah browsing dari PC client

Nah, untuk sharing beberapa PC, cara instalasinya mirip dengan diatas, bedanya kabel UTP dari PC server ditancap ke switch, dan kabel UTP PC client juga ditancap ke switch. Kemudian dimulai dari PC client pertama, settinglah IP nya seperti langkah 5 diatas. Ulangi untuk PC client berikutnya dengan IP Address berikutnya. Perhatikan ilustrasi dibawah ini :

IP Address server 192.168.0.1
IP Address PC client pertama 192.168.0.2
IP Address PC client kedua 192.168.0.3
PC client berikutnya nomor IP Address tinggal ditambah 1.

Oke selamat mencoba semoga berguna.


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

AddThis Social Bookmark Button

94 Responses to “Sharing koneksi internet dari wajanbolic”

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

  1. 94
    Aro Says:

    Apakah wajan bolic bisa digabungkan dengan antena omni dan difungsikan sebagai penguat sinyal GSM dan 3G di dalam ruangan?

    Untuk penguat sinyal GSM di dalam ruangan bisa pakai produk Repeter GSM mas.Trims(sap)

  2. 93
    Burhan Says:

    bang, saya rencana menangkap sinyal wifi dari sebuah hotspot
    yang jaraknya kurang lebih 2 km dari rumah saya.
    apakah saya bisa menggunakan wajan bolic?

    terima kasih sebelumnya

    berhubung pertanyaan agan butuh penjelasan detail baik di pemilihan paket antena dan info wifi yg akan ditembak, maka silahkan konsultasi via YM kami.Trims (rini)

  3. 92
    awan Says:

    salam kenal ….mau tanya dikantor ada fasilitas wifi dari speedy, tapi sy mau konek ke pc rumah jarak kira2 20km apa yg dapat sy lakukan …mohon pencerahannya…. terima kasih

    bisa dengan point to point, sama2 saling pasang antena+radio AP. konsultasi lebih jelasnya, silahkan via Ym kami.Trims (rini)

  4. 91
    ragil Says:

    bagaimana dengan jarak 6km menggunaka speedy dari kantor ke rumah dengan kondisi banyak pohon dan bangunan?mohon pencerahanya

    untuk jarak sejauh itu di sarankan dengan grid dan menggunakan radio accesspoint, kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan wajan bolic karena daya jangkau yang pendek. trims jbolic (.dyt)

  5. 90
    rengga Says:

    mas kalo jaraknya 5-10 km bisa di jangkau gak mas jaringanya dgn WaJan Bolic

    jarak segitu disarankan pakai antena grid+radio AP. monggo konsult lebih jelasnya, Via YM kami.Trims

  6. 89
    Saputra Beny Says:

    Mas mo nanya, Q punya warnet dengan 14 client, awalnya pakai speedy unlmtd 1MB, krn yg 2MB malah drop alasan jauh dari provider, dan sekarang Saya pasang line speedy 1MB lg, bgmn cara menggabungkan 2 line speedy (load Balancing) tapi g pake mikrotik, klo bs pake software (kerio ato yg lain), mohon pencerahannya, maklum GAPTEK, klo bs kirim ke emailQ jg gpp beserta Topologinya, Terima Kasih sebelumnya mas…..

    Kalau pakai software kami belum ada referensi mas. Trims

  7. 88
    alhasan Says:

    mas,saya mau beli paket WB,tp msh bingung pilih yg mana.soalnya jarak rumah ama kantor lk 3km.sedangkan arah antena external kantor menghadap barat,dari rumah saya paling cuma bs nangkap kuping kanan antenanya.antena kantor model sektoral bukan omni.kira2 bs ga saya nangkap sinyal wifi kantor.trus paket WB yg mana?.trims,mhn pencerahannya.

  8. 87
    Apri Ekaputra Says:

    Mas.. menyambung point 14 & 17.. Dari Wajan bolic kan turunannya kabel UTP dn kepala USB male, apakah Minitar MWGAR atau TPLink WR543G atau WR642G ada port USB femaleya? Apa turunan kabelnya harus diganti dgn RJ45? Tks

    Masuknya ke port USB komputer langsung mas. Bukan ke radio AP. Trims

  9. 86
    ian Says:

    Gan mau nanya ne ………
    ane punya 2 wirelles …………
    yang satu wirelles USB TP LINK
    yang satu nya wirelles Router BLUELINK BL-R30G ……
    ane terkoneksi dengan wirelles USB ………
    Ane mau bagi koneksi dengan wirelles router BLUELINK BL-R30G ……..
    Jadi kayak AP Hotspot …….
    settingan ny g mana yah ……

    Gan …
    yang di point nomor 2 sharing connection ……..
    di komp saya gak ada kolom Home Networking Connection
    yang di kolom merah Local Area Connection 8
    Jadi g mana munculinnya ……..

    ma`af banyak tanya …….

    Trims ……..

    Kalau gak muncul ada kemungkinan fitur Internet Connection Sharing Windows nya bermasalah. Bisa menggunakan tools pihak ketiga seperti GateWall. Trims

  10. 85
    imam Says:

    pak nanya, aku baru saja beli modem d-link DWM-162R BARU SAYA gunakan satu hari tiba2 koneksi modem ke komputer terputus minta di lepas dan di pasang lagi tapi setelah saya lepas terus tak pasang tidak ter deteksi saya coba di komputer lain juga tidak ter deteksi mohon bantuannya pak! apa yang harus saya lakukan?

  11. 84
    kaddoro Says:

    Tolong info detail dan harga wajanbolic, trims.

    Silahkan donlot pricelist kami dibawah menu utama web ini. Trims

  12. 83
    Irmawan Says:

    Pak.. Saya tinghgal di kec Moyudan (Sleman-wetan kali Progo). Saya berinternet di rumah memakai modem cdma (Flexi) yg kecepatanya hanya berkisar 10Kbps untuk mendownload dan sering banget putus-putus. Saya ingin internet saya bisa sangat cepat tidak lemot seperti sekarang ini. Apakah dengan membeli produk bapak internet di rumah saya bisa super banter. Apa saja yang harus saya beli, berapa harganya? Mohon pencerahanya supaya dikirim ke email saya ===irmawanassidiq@yahoo.co.id=== secepatnya ya pak. Matur nuwun

    Coba dicek modem cdma nya ada soket antena external gak? Tipenya apa mas? Trims

  13. 82
    mokubex_01 Says:

    hmm…
    kalo di share ke router bisa ga ???

    wajanbolic –> router linsys wrt54gl —-> client1, client2, dan setertus-a.

    kalo bisa kasi cara-a y ???
    di kasi link juga boleh :D

    Bisa,tapi Wbolic yg paketan dengan radio AP, bukan USB wifi. Thanks

  14. 81
    andri Says:

    slm knl sblmnya, mohon pencerahnnya dr tmn2 wbolic yaa..
    pertanyaan sy serupa spt no 15 ;
    A. Kantor saya menyediakan free akses wifi (wireless router : TP.LINK (modem)dan DLINK (wireless)).
    B. Kebetulan rumah saya dekat dengan kantor kira2 2 km, sayangnya kondisinya di daerah pegunungan, dgn tekstur tanah yg naik turun, terhalang bangunan dan pepohonan.
    Question:
    1. wajanbolic apa yang paling cocok dengan saya? utk dipasang d ktr agar saya bisa menangkap sinyal nya dr rmh saya dgn menggunakan laptop.
    2. Apa yg hrs sy pasang lg utk menangkap sinyal td dr ktr?
    mohon di jawab, jika perlu lewat email saya. saya sangat tertarik dan berniat untuk membeli. terima kasih.

    Sepertinya AP DLink posisinya indoor ya? Sebaiknya pasang perangkat pemancar outdoor mas, karena kalau wifinya indoor sangat sulit diakses dari jarak jauh apalagi 2km. Thanks

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply